Research Paper M.S. Gumelar diterima di Nicograph 1-4 July 2012




Research Paper M.S. Gumelar diterima di Nicograph 1-4 July 2012:
Simple Character Walk Cycle Based on Mask & Vertex Animation Technique



Salah satu karya penelitian Dosen yaitu M.S. Gumelar dari Universitas Multimedia Nusantara (ULTIMA) diterima di ajang bergengsi internasional yang diselenggarakan oleh Pihak Jepang, Nicograph. Ajang para peneliti di dunia seni, desain dan grafis ini diselenggarkan secara berkala untuk meneliti dan mengembangkan kemungkinan-kemungkinan baru dalam dunia seni dan desain pada umumnya. 

Karya penelitian paper tersebut berjudul: Simple Character Walk Cycle Based on Mask & Vertex Animation Technique. Dimana membuat terobosan baru dalam membuat animasi berbasis vertex dan shape secara vector murni. 

Dimana selama ini ada kesalahan penyebutan dan teknik dalam animasi 2D vector, sebab sebenarnya yang dimaksud animasi vector selama ini sudah salah kaprah, yaitu kebanyakan kesalahan yang terjadi adalah dengan membuat animasi berbasis bitmap atau non vector, seperti dari photo, image hasil scan dan lainnya.

Tetapi kemudian dengan menggunakan teknik puppetry atau dengan cara mengatur dan memanipulasi persendian dan sambungan sejenisnya yang memungkinkan untuk digerakkan dengan cara merotasikan pada pusat titik tumpu, seperti teknik wayang pada jaman dulu, maka itu disebut dengan nama animasi vector, padahal itu bukan animasi vector, itu disebut dengan nama teknik Puppetry atau teknik animasi persendian  bergaya wayang.

Namun dengan cara yang ditemukan oleh Gumelar, yaitu mengembangkan animasi berbasis vector dengan cara mengatur, memanipulasi secara transform yang ada di Adobe After Effects, maka animasi vector berbasis vertex dan shape memungkinkan ditemukannya animasi murni berbasis vector.

Dimulai dari animasi sederhana sebagai acuan untuk membuat animasi vector yang lebih kompleks, animasi yang didemokan cukup sederhana berupa shape segitiga dan dengan diatur dan dimanipulasi vertex-nya, maka shape segitiga tadi berbegerak benar-benar murni berbasis vector.

Lalu dari bentuk simple segitiga tadi dibuat animasi yang lebih kompleks lagi menjadi suatu karakter yang sederhana. Dan tantangannya adalah karakter tadi mampu berjalan halus sesuai dengan gerak manusia yang sesungguhnya, enak dilihat dan luwes gerakkannya secara alami menggunakan analisa dan hukum fisika, yang merupakan acuan dari gumelar dalam membuat animasi karakter sederhana ini.

Dengan keberhasilan terobosan baru ini, maka dunia animasi 2D menjadi lebih kaya dari sebelumntya. Gumelarpun berkata, bahwa animasi berbasis vector murni ini dapat diterapkan juga dalam software 3D.(G).



Academic Writing

By m.s. gumelar

Academic Writing

Price: $27.00
Ships in 3-5 business days
Buku khusus untuk para Akademisi dan para peneliti profesional, berguna untuk menyusun proposal penelitian, proposal paper, proposal skripsi, dalam metodologi penelitian serta laporan penelitian dan bagaimana menerbitkannya dalam jurnal nasional maupun internasional Dalam buku ini diberikan contoh-contoh paper penulis sendiri yang telah diterbitkan di jurnal nasional maupun internasional dengan berbagai style penulisan seperti APA Style, Harvard Style, IEE Style dan sebagainya. Buku Academic Writing ini membahas pula penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar agar para akademisi dapat menggunakannya sebagai buku panduan wajib untuk menyusun skripsi dan penelitian bagi Mahasiswanya.








Comments

Popular Posts