BASIC CHARACTER ANIMATION DI ANIMASI 2D
BASIC CHARACTER ANIMATION DI ANIMASI 2D
Apa sih character animation? Karakter (character) di animasi adalah segala sesuatu yang disengaja diberi ilusi seakan hidup dan mampu bergerak sendiri, geraknya alami sesuai keperluan. Di dunia animasi, untuk belajar animasi karakter sederhana, bahkan bola sederhana bila digerakkan dan seakan memiliki kemauan sendiri untuk bergerak disebut character animation, lalu bedanya dengan non character animation?
Non character animation contoh sederhananya adalah bola yang dijatuhkan dari tangan dan membal kemudian berhenti setelah power yang dimilikinya habis terserap lantai, berubah menjadi bunyi, dan juga karena power-nya habis (power decay) digunakan untuk membal atau energinya habis karena gerakan itu sendiri. Intinya bola tidak bergerak sendiri seperti memiliki kemauan sendiri. Untuk jelasnya dapat mengakses tutorial sebelumnya di sini dan di sini.
Character animation contoh sederhananya adalah bola yang dianimasikan memiliki ilusi kemampuan dan kemauan bergerak sendiri, seperti layaknya makhluk hidup. Contoh di atas, bola bergerak mundur melakukan ancang-ancang atau persiapan untuk bergerak (anticipation) dalam melakukan lompatan ke level yang lebih tinggi turun ke papan hitam di atasnya.
Perhatikan, sebelum melompat, bola mundur terlebih dahulu seakan mengumpulkan tenaga dalam persiapan gerak tersebut, lalu bola melompat tinggi terjadi percepatan (accelerated), menggunakan gaya gambar kartun agar semakin terlihat jelas geraknya karena berlebihan (exaggerated) dan terjadi pengubahan bentuk (deformed), sebentar melambat saat di area lompatan yang optimum (decelerated) kemudian turun ke lantai karena gravitasi (gravity) lalu melompat lagi ke arah kanan.
Di sini terlihat bahwa karakter bola sederhana tersebut seakan memiliki ilusi memiliki keinginan dan mampu bergerak sendiri, untuk mempelajari animasi karakter ini tidak memerlukan karakter dengan tampilan (appearance) yang kompleks bila dibutuhkan. Pelajaran berikutnya adalah karakter sederhana yang memiliki ekor, guna belajar menerapkan secondary action yang mengikuti tubuh utama suatu karakter.
Tutorial berikutnya dapat diakses di link berikut: https://michaelgumelar.blogspot.com/2020/05/karakter-berekor-dan-secondary-action_2.html
Tutorial lebih lengkap dan sudah jadi, disertai contoh-contoh gerakan umum seperti berjalan, berlari, berjinjit, dan sebagainya ada di ebook "2D Animation Hybrid Technique" yang dapat dibeli di Play Store di link berikut:
Selamat belajar, semoga tutorial yang mencakup teknik dan prinsip ini memberi bekal kepada para pembaca, salam belajar dan sukses selalu untuk semuanya.
Bila ada pertanyaan dapat melalui WA: 087786666745 atau ig: @bubblegumelar
Dilarang meng-copy konten, artikel, dan video. Copyright all rights reserved © 2020 M.S. Gumelar Ig: @bubblegumelar Twitter @msgumelar Fb: @michael.sega.gumelar
Comments