INBETWEEN POSE SKETCH, BALANCE OF POWER, DAN WEIGHT DI ANIMASI 2D
INBETWEEN POSE SKETCH, BALANCE OF POWER, DAN WEIGHT DI ANIMASI 2D
Dilarang meng-copy artikel, semua konten yang ada.
Copyright all right reserved ©2020: M.S. Gumelar Ig: @bubblegumelar
Twitter @msgumelar Fb: @michael.sega.gumelar
Copyright all right reserved ©2020: M.S. Gumelar Ig: @bubblegumelar
Twitter @msgumelar Fb: @michael.sega.gumelar
BALANCE OF POWER
Keseimbangan kekuatan (balance of power) disebut juga equilibrium atau yin yang atau cukup dengan kata keseimbangan. Keseimbangan kekuatan diperlukan dan sangat berarti dalam animasi 2D agar hasil animasinya terlihat alami. Contoh sederhana adalah meriam menembakkan peluru, saat peluru ditembakkan, meriamnya akan terdorong ke belakang, oleh karena itu agar meriam tidak bergerak jauh ke belakang diberi penahan di belakangnya.
INBETWEEN POSE SKETCH
Pelajaran sebelumnya telah dimengerti inbetween di antara key drawing dengan menggunakan simbol inbetween, perhatikan gambar sebelumnya di balance of power atau dapat dipelajari ditutorial sebelumnya. Kali ini penulis memberikan tambahan dengan kata kunci inbetween pose sketch. Apa perbedaaan antara inbetween symbol dengan inbetween pose sketch symbol, perhatikan contoh untuk animasi objek sosis di bawah ini
Setelah simbol inbetween pose sketch diganti dengan gambar, perhatikan bahwa gambar sosis inbetween yang berwarna hitam mengikuti bentuk lengkungan dari inbetween pose sketch tersebut. Ya inbetween pose sketch memberikan pose sketsa pada inbetween untuk mempermudah dan memberi petunjuk (clue) pose gerak kepada para animator. Apakah inbetween pose sketch ini wajib ada? Tidak wajib, tetapi sangat membantu bila ada.
BALANCE OF POWER
Perhatikan bahwa dengan menambahkan inbetween pose sketch, gerakan membal animasi sosisnya cenderung alami, sosis mengalami membal dan pengubahan bentuk karena sosis mendapatkan penyeimbangan tenaga karena gravitasi dan juga karena materia bahan pembuatnya. Balance of power ini juga mengakibatkan terjadinya Follow Through and Overlapping Action atau terseret (drag) bagian dari objek atau subjek tertentu berdasarkan bahan pembentuk materi benda tersebut. Mau belajar langsung atau mau belajar online? Yuk gabung
Tutorial versi video berikut ini:
WEIGHT
Materi bahan pembuatnya berpengaruh pada massa jenis material yang dibuat untuk animasi. Massa jenis suatu benda tentu akan berbeda, misalnya berat (weight) materi besi dengan bola karet akan berbeda dengan bola balon yang berisi udara, simulasi animasi berikut akan memberikan pemahaman dan pengertian terjadinya animasi karena berat dari bahan yang berbeda.
Tutorial berikutnya dapat diakses di link berikut: https://michaelgumelar.blogspot.com/2020/04/basic-character-animation-di-animasi-2d.html
Tutorial lebih lengkap dan sudah jadi, disertai contoh-contoh gerakan umum seperti berjalan, berlari, berjinjit, dan sebagainya ada di ebook "2D Animation Hybrid Technique" yang dapat dibeli di Play Store di link berikut:
Selamat belajar, semoga tutorial yang mencakup teknik dan prinsip ini memberi bekal kepada para pembaca, salam belajar dan sukses selalu untuk semuanya.
Bila ada pertanyaan dapat melalui WA: 087786666745 atau ig: @bubblegumelar
Dilarang meng-copy konten, artikel, dan video. Copyright all rights reserved © 2020 M.S. Gumelar Ig: @bubblegumelar Twitter @msgumelar Fb: @michael.sega.gumelar
Comments